Selasa, 18 Desember 2012

PENCEMARAN LINGKUNGAN


  ‘Pencemaran Lingkungan’

  Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama yang makin penting untuk diselesaikan .Hal ini dikarenakan pencemaran lingkungan menyangkut keselamatan ,kesehatan ,dan kehidupan kita.
dimulai dari lingkungan yang terkecil ,diri kita sendiri ,sampai ke lingkungan yang lebih luas .
  Pencemaran datang dari berbagai sumber dan memasuki udara ,air ,dan tanah dengan berbagai cara .Pencemaran udara terutama datang dari kendaraan bermotor ,industri ,dan pembakaran samapah .Pencemaran sungai dan air ,tanah terutama dari kegiatan domestik ,industri ,dan pertanian .
  Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung .Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung berdampak meracuni .Proses tidak langsung yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara ,air ,maupun tanah ,sehingga menyebabkan pencemaran .
  Penyelesaian masalah pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian .
langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemaran dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat .
  Tindakan pencegaha dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga atau bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.
pencegahan dapat pula dilakukan dengan kegiatan konservasi ,penggunaan energi alternatif ,penggunaan alat transportasi alternatif ,dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar